Saturday, June 20, 2009

Orientasi Blog : Personal atau Bisnis (Cari Uang) ??

Blog. Banyak manfaat dari blog dan banyak pula tujuan orang ngeblog. Sekedar bercerita tentang dirinya atau mungkin berbagi cerita/informasi tentang hal2 yang diketahui. Dengan blog juga kita bisa mendapatkan uang (dalam hal ini sobat2 udah lebih pinter). Selama aku bergulat di blog, halah... Berkunjung kesana kemari, melihat-lihat dan membaca-baca, haiah..kaya rajin aja berkunjung ke blog orang,wkekekekkeke... Dan berdasarkan artikel postingan (artikel = postingan gak ya?? emot bingung mod : ON) aku simpulkan menjadi 3 kategori besar orang ngeblog (orientasi ngeblog) yaitu :
1. Personal blog
2. Bisnis
3. Personal dan Bisnis blog

Yupp..cuma 3 itu, gak kurang dan gak lebih (turun dikit lah bang..halah..kaya lagi menawar ajah)

1. Personal blog
Personal blog yang aku maksud disini adalah blogger yang murni ngeblog hanya untuk sharing cerita/informasi, baik itu akan dirinya maupun hal2 disekitarnya yang bisa dijadikan cerita/informasi ke orang lain tanpa embel2 mencari uang dari GA/advertising, maupun dari program2 yang bisa menghasilkan uang gratis, termasuk juga bukan menyediakan link referral, hanya sharing informasi ajah.

Blogger seperti ini kalo aku perhatikan artikel postingannya biasanya berupa ide, pemikiran, renungan, dan hasil kreasinya. Ditambah lagi, artikel postingannya orisinil. Yupp..itu yang langka. Bisa dikatakan, artikel postingan berupa Apa yang dilihat, didengar, dirasa dan dipikirkan (tag line nya kaya Just a Blog tapi ga da "dipikirkan",halah..). Bisa disebut juga sebagai diary online.

2. Bisnis blog
Blog orientasi bisnis adalah (menurut ireng_ajah) blog yang khusus mempromosikan produk2 yang dia hasilkan dengan harapan orang lain (minimal) tau dan tertarik untuk memesan/membeli produknya. Selain itu juga, blog dengan orientasi ini juga khusus menginformasikan tentang program2 yang bisa mendatangkan uang gratis dari internet (link referral) seperti MFA blog.

3. Personal dan bisnis blog
Personal dan bisnis blog merupakan campuran dari Personal blog dan Bisnis blog. Selain sebagai media sharing ide, pemikiran, hasil kreativitas, juga sebagai blog untuk mencari uang dari GA/advertising maupun dari program2 penghasil uang gratis. Dibandingkan personal blog dan bisnis blog, blog dengan orientasi ini lebih banyak (itu dari apa yang aku temui). Ngeblog gak cuma sekedar berbagi cerita/informasi tetapi dengan ngeblog juga bisa mendatangkan uang.

Bagaimana dengan Just a Blog sendiri?? Dikatakan personal blog, gak juga. Dikatakan bisnis blog, gak juga. Tengah2 aja. Tapi entah kenapa, walopun dengan ngeblog bisa mendatangkan uang gratis dari program2 yang bisa mendatangkan uang gratis, aku belum bener2 berniat untuk ke arah sana padahal kalo dihitung aku mulai ngeblog, sudah termasuk lama, bulan Februari 2008. Program2 yang bisa menghasilkan uang gratis banyak yang aku ikutin (cuma daftar aja, penggembiara..hehehe...), mulai dari pay per sale, pay per lead, paid to review, jualan link, dll. Label di email sampai udah kaya kereta gerbong 100, penuh ma nama2 program2 yang aku ikuti. Blog yang berbahasa inggris pun punya tapi gak pernah di update, wkkkkkekekke.. Promosi program cari uang gratis (referral) jarang dilakukan. Pas dilakukan, gak niat bener2, hehehehehhe.. Jahh..jangankan promosi referral program, promosi blog dan membuat blog agar baik dimata search engine (mbah Gugel terutama) dan pengunjung aja males. Bener2 payah.. Soal Adsense, mau itu ada yang ngeklik mau itu gak, gak urusan, hehehehheee...

Mungkin untuk saat ini aku masih enjoy dengan keadaan blog2 punyaku. Gak nutup kemungkinan suatu hari nanti aku getol dan lebih serius dalam ngbelog (mencari tambahan uang)

Bagaimana dengan sobat sendiri???

No comments:

Post a Comment