Sunday, June 28, 2009

Meningkatkan Trafik Page View Blog 3x Lipat

Membuat blog yang berkualitas gak lepas dari konten atau isi blog yaitu artikel postingan. Postingan yang bermanfaat bagi orang lain atau mengundang ketertarikan orang untuk membacanya biasanya blognya selalu ramai. Tentu saja ini berpengaruh pada trafik page view blog. Tetapi hal seperti ini bisa aku katakan "biasa" saja jika page view besar karena postingan yang bagus dan berkualitas. Kenapa aku sebut "biasa" saja?? Wajar, orang mencari sesuatu karena itu bermanfaat, karena itu menarik perhatiannya. Dan sangat wajar jika orang yang mempunyai blog dengan postingan yang bermanfaat atau itu menarik perhatian orang untuk membacanya mempunyai page view yang besar.

Bagaimana jika kita gak bisa membuat konten yang sekiranya bermanfaat atau mengundang rasa ketertarikan orang lain untuk membacanya?? (postingan yang biasa2 ajah seperti Just a Blog). Wahh..kayanya bakalan sulit untuk mendapatkan pengunjung maupun page view yang besar. Tapi gak usah berkecil hati. Blog itu gak cuma soal postingan saja tetapi juga soal cara mengatur tampilan/layout blog dan dengan mengatur layout blog yang bagus dan efektif, kita bisa meningkatkan page view blog, bahkan 3x lipat walaupun blog kita termasuk blog yang sepi pengunjung. Yupp..menghack layout untuk meningkatkan trafik page view, hohohohohohooo...

Sebelum aku teruskan bagaimana membuat itu menjadi mungkin, aku minta sobat untuk melihat contoh blog ini dulu.

Yupp..apa yang bisa sobat tangkap dari tampilan awal blog tersebut?? Cuma ada Tag Cloud, Twitter, Subcribe Post dkk, iklan Adsense dan kolom Search. (tampilan Home ini aku sebut 1 halaman)

Setelah itu coba sobat klik salah satu kategori pada Tag Cloud, misal Free Money. Hampir sama dengan tampilan awal, cuma bedanya Tag Cloud hilang dan yang muncul adalah postingan pada kategori Free Money. (aku sebut 1 halaman lagi)

Sekarang coba sobat klik salah 1 judul dari kategori tersebut, misal "Setup Domain CO.CC for Adsense Domain Parking". Beberapa widget muncul, seperti Tag Cloud, recent post dan popular post. (aku sebut 1 halaman lagi)

Apa yang terjadi?? secara tidak langsung, 1 orang pengunjung telah mengklik 3x halaman blog sobat. Mulai dari URL blog sobat (Home), terus kategori postingan dan kemudian judul postingan (baca postingan secara keseluruhan)

Yupp..dengan menata layout blog, kita bisa mendapatkan page view 3x lipat (dengan catatan, sama seperti dengan keterangan diatas urutannya). So, page view gede gak cuma milik para blogger dengan postingan yang bermanfaat n bagus aja, halah...

Secara tidak langsung itu adalah kelebihan menata layout blog seperti itu tetapi ada kelemahan disini. Biasanya orang membaca suatu postingan apabila postingan tersebut menurut dia berguna atau menarik. Berhubung pada contoh blog tersebut yang nongol cuma judul postingan saja, maka kita harus memaksimalkan judul postingan yang kira2 bisa membuat orang tertarik untuk membacanya. Penasaran akan isinya apa gitu lah..hehehehee...

Yaa..seperti yang kita tau, sebuah postingan (isi) mempunyai pengaruh yg kuat untuk membuat orang mau membaca atau tidak. Jika sekilas (aku asumsikan pake fungsi Readmore) kita sudah bisa menangkap maksud dari postingan tersebut, kebanyakan enggan untuk melanjutkan membacanya (aku termasuk, wkakakkakakaka...). Jika hanya dengan judul postingan saja, setidaknya akan membuat orang penasaran akan isi postingan tersebut dan secara tidak langsung akhirnya membuka halam postingan tersebut (pengennya..).

Yupp..itulah hack layout untuk meingkatkan page view yang gak bermutu ala ireng_ajah, hohohohohooo..

Note :
- Menggunakan kode cara menghilangkan widget dan memunculkan widget.

No comments:

Post a Comment