Friday, February 5, 2010

Mati Ide Untuk Buat Template Baru

blogger templateMembuat template blog itu bagi saya, mudah dan cepet. Disamping saya sudah punya master template yang siap diutak-utik baik itu warna, layout, ukuran, tambahan widget dll. Toh template blog itu hanya seperti itu2 juga. 1 kolom, 2 kolom, 3 kolom, sidebar dikanan, sidebar dikiri. Kolom pada footer. Header yang mempunyai 2 kolom atao bahkan lebih ditambah feature widget kalo perlu. Edit ukuran sana sini. Ya.. template blog itu cuma itu2 aja.

Permasalah bukan pada yang saya ungkap diatas tetapi lebih pada desain template itu. Dasarnya adalah sama. Misal 2 kolom tetapi tapi yang membedakan antara template yang satu dengan template yang lain (termasuk juga para pembuat template blog) adalah desain. Gimana menciptakan suatu desain template dengan 2 kolom tapi bisa menjadi menarik hasilnya dilihat dari segi warna dan background. Itu yang membuat lama dan kadang mpe berhari2, seperti saya, hehehehe..

Warna : warna disini mewakili template itu sendiri. Apakah warnanya sama semua atau beda ditiap komponen template, entah itu di header, main post, sidebar maupun footer

Background : background yang saya maksud adalah gambar. Baik itu gambar template secara keseluruhan atau pada bagian tertentu seperti pada judul post, judul sidebar, background header, background footer.

Penggunaan background sendiri bisa dikatakan penting karena fungsi dari background bagi saya sebagai pemanis tampilan. Berbeda dengan hanya memakai warna saja. Template 2 kolom dengan warna dasar putih polos akan berbeda hasil dan penilaian jika ditambah dengan background baik itu sebagai background utama blog atau hanya pada bagian tertentu. Hal ini sama seperti makanan. Jika makanan tersebut disajikan dengan tampilan yang menarik, dihias, tentunya orang2 mempunyai hasrat untuk mencicipi walopun rasanya bisa jadi asin ato malah pait dan mungkin bahan dasar dari makanan itu hanya tempe dan tahu saja. Itulah pentingnya background buat saya.

Disinilah kelemahan saya dalam membuat template. Saya tidak bisa menggambar. Tidak bisa menciptakan suatu imajinasi bagaimana membuat background yang bagus untuk template2 buatan saya. Bahkan, untuk bakcground pada judul sidebar saja, saya sulit menemukannya. Jika sobat perhatikan template2 buatan saya. Hampir semuanya cuma maen warna.

Kalo untuk desain template sendiri, alhamdulillah, saya masih punya banyak stok. Apakah templatenya nanti akan saya kasih feature widget. Template 3 kolom pada halaman utama ato yang lain. Semua sudah tergambar jelas dikepala. Tinggal realisasinya. Masalahnya, gimana menciptakan template yang enak diliat mata dengan perpaduan warna yang pas (dan tambahan background kalo perlu) itu yang sulit buat saya dan itu pula yang menjadikan membuat template blog itu lama bagi saya. Termasuk sebelum postingan ini. Saya lagi buat template blog baru tetapi saya mati ide dalam hal warna dan background kalo perlu. !! dan akhirnya tidak saya lanjutkan buat template barunya dan malah tercipta postingan ini, hehehehe..

Masukkan dari sobat sangat saya harapkan. Terimaksih


Note :
- Download free blogger template made in ireng_ajah

No comments:

Post a Comment