Tuesday, January 19, 2010

Menemukan Kembali Widget Blog yang Hilang

Seorang blogger tanpa ganti2 template kayanya kurang afdol, haiah.. Termasuk saya, hehehehe.. Gak tau udah berapa kali saya mengganti template Just a Blog ini. Gak ketinggalan pula, ketika mengganti template dengan yang baru, widget ato kode2 yang nempel di template lama lupa gak di simpen dulu padahal template yang baru udah nempel permanen di blog. Lha terus gimana?? Apa bisa mencari widget yang hilang tersebut?? Bisa, yaitu dengan memanfaatkan fungsi yang pada mbah Google yaitu Tembolok.

Kejadian widget yang belum aku simpen ketika ganti template baru pernah saya alami. Daripada login satu persatu untuk mendapatkan widget tersebut, saya memanfaatkan fungsi tembolok pada mbah Google. Fungsi tembolok sendiri jika saya artikan adalah sebagai media penyimpanan data atas semua yang beredar di internet dalam waktu tertentu. Kenapa saya katakan dalam waktu tertentu?? Karena data tersebut mengikuti perubahan yang terjadi pada blog atau web kita. (bener gak ya artinya..??)

Kembali ke masalah menemukan kembali widget blog yang hilang karena ganti template

Berikut ini adalah screenshot template saya yang lama, sebelum saya menggunakan template ini memanfaatkan fungsi tembolok pada mbah Google untuk menemukan kembali widget blog saya yang lupa tidak saya simpen ketika ganti template ini.

Tampak keterangan : Gambar ini adalah jepretan laman seperti yang ditampilkan pada tanggal 28 Des 2009 00:52:46 GMT.

Pada tampilan dengan menggunakan tembolok tersebut, sobat bisa menemukan kembali widget ato kode blog yang hilang dengan cara View Page Source dan tinggal cari aja dibagian mana kode ato widget yang hilang tersebut karena pada tampilan tersebut, kode2 ataopun data widget (data blog) masih sama seperti ketika belum mengganti template seperti pada keterangan diatas.

No comments:

Post a Comment