Monday, December 21, 2009

Cek Kolom Komentar Dengan Tes Komentar

Membuat template itu sebisa mungkin bisa berfungsi dengan baik di semua browser yang umum digunakan, baik itu pake Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera maupun Safari (5 browser ini yang biasa saya gunakan untuk mengecek kevalidan dari template yang saya buat).

Disamping itu juga, ukuran template juga harus sesuai ketika template tersebut digunakan.
Salah 1 untuk mengecek ukuran template pada kolom komentar yaitu dengan melakukan tes komentar pada tempate tersebut. Ukuran tinggi kolom komentar pada template2 bawaan blogger adalah 410px.

Sebelum saya posting ini, saya coba cek template buatan saya untuk testing komentar. Saya login Blog make Mozilla Firefox. Template yang jadi bahan tes untuk komentar adalah Template Petak Umpet. Ukuran kolom komentar sudah saya edit n ganti menjadi 250px dengan settingan komentar yaitu Embedded below post dan Show word verification for comments? adalah Yes. Sebagai admin (dalam posisi login), tes komentar pada tempate berjalan baik dan tidak ada hambatan baik itu ketika komentar dengan akun Blog maupun Name/URL bahkan Anonymous. Postingan komentar juga langsung terpublish saat itu juga dan tanpa verifikasi kode dulu.

Kemudian saya coba pake browser Google Chrome dan melakukan tes komentar lagi pada template yang sama, yaitu Template Petak Umpet memakai Name/URL. Apa yang terjadi?? Kolom komentar menjadi seperti dibawah ini. Ada kode verifikasi dan yang "lebih aneh" buatku tampak kolom komentar mempunyai scroll. (untuk IE juga sama)

Screenshot 1. Kolom komentar ukuran 250px

Lalu saya kembali ke Mozilla dan saya ganti ukuran tinggi komentar dari 250px ke 400px dan hasilnya seperti ini ketika saya coba komentar dalam posisi tidak login pake browser Google Chrome

Screenshot 2. Kolom komentar ukuran 400px

Sebenarnya gak masalah juga jika tampilan kolom komentar seperti pada screenshot 1 karena selera tiap blogger berbeda. Disamping itu, dengan screenshot 1, juga bisa mengirit tempat pada template seperti pada gambar di bawah ini.

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 250px

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 400px

Tetapi jika Blogger yang bersangkutan adalah blogger yang suka dengan tampilan "bersih" tanpa ada scroll, bisa tidak merasa nyaman untuk dirinya dan juga untuk pengunjung yang akan memberi komentar di blognya

Kejadian seperti diatas hanya terjadi jika settingan komentar di setting berada di bawah postingan dan ada verifikasi kode kalo mau kasih komentar.

Jika sobat telanjur memilih dan suka settingan komentar berada dibawah postingan dengan verifikasi kode dulu tetapi tidak ingin tampilannya seperti pada screenshot 1, sobat tinggal ganti ukuran tinggi komentar menjadi 400px. Caranya :

- Masuk ke Layout, trus edit HTML.
- Jangan lupa centang Expand Widget Templates
- Cari kode di bawah ini

<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

- Ganti ukuran yang berwarna merah sesuai keinginan sobat.
- Simpan

Cara ini juga bisa untuk mengatasi kolom komentar dimana harus pencet TAB pada keyboard untuk masuk ke button Poskan Komentar

* Ukuran tinggi 400 adalah ukuran minimal komentar tidak mempunyai scroll dengan browser Firefox. IE maupun Chrome. (saya coba pake 380, Firefox dan Chrome beres tapi IE tidak)

No comments:

Post a Comment