Tuesday, May 26, 2009

Wolfram Alpha : Search Engine Baru Pencari Jawaban

Wolfram|Alpha adalah sebuah Search Engine baru karya Dr. Stephen Wolfram. Dengan Tagline "Computational Knowledge Engine", Wolfram|Alpha tidak seperti search engine laennya seperti Google, Yahoo, dll yang dalam menampilkan hasil pencarian berupa halaman2 web yang sesuai dengan keyword / kata yang yang dimasukkan, hasil pencarian pada Wolfram|Alpha berupa jawaban dari keyword yang kita masukkan. Bisa dikatakan Wolfram|Alpha adalah mesin pencari jawaban dari setiap pertanyaan yang sobat masukkan tetapi perlu diperhatikan, Wolfram|Alpha bukanlah mesin pencari yang serba tau dan akan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan (keyword) yang sobat masukkan.

Sebagai contoh : Aku masukkan keyword "Who Is Albert Einstein". Jika sobat memasukkan keyword seperti diatas pada mesin pencari Google atau Yahoo, maka hasil yang didapat adalah halaman2 web yang berkaitan dengan keyword tersebut. Pada Wolfram|Alpha, hasil yang didapat tidaklah demikian tetapi sebuah jawaban seperti berikut ini.


Berdasarkan Tagline Wolfram|Alpha sendiri yaitu Computational Knowledge Engine, mesin pencari jawaban ini tidak hanya sekedar informasi umum, tetapi juga akan memberikan jawaban spesifik dari bidang2 seperti Mathematics, Statistics & Data Analysis, Physics, Chemistry, Materials, Engineering, Astronomy, Earth Sciences, Life Sciences, Technological World, Transportation, Computational Sciences, Web & Computer Systems, Units & Measures, Money & Finance, Dates & Times, Places & Geography, Socioeconomic Data, Weather, Health & Medicine, Food & Nutrition, Words & Linguistics, Culture & Media, People & History, Education, Organizations, Sports & Games, Music, Colors.

Berikut ini contoh jawaban dari bidang Matematika. Keyword yang aku ketikkan adalah "1 centimeter" dan hasilnya didapat :


Tentunya hal ini akan mempermudah kita apabila kita hendak mencari sutu rumus2 tertentu. Sebelumnya juga aku coba untuk mencari tau hasil dari "3! * 25 * sin 30 / 2^3" dan didapat jawabannya adalah 9,375. aku sendiri belum menghitung secara manual tapi aku kira jawabannya bener,hehehheheee...

Semoga hadirnya mesin pencari jawaban Wolfram|Alpha ini bermanfaat bagi kita untuk menambah ilmu pengetahuan.


Note :
** Keyword yang digunakan HARUS bahasa Inggris

Terimakasih : http://maseko.com ; http://tidakmenarik.wordpress.com

No comments:

Post a Comment