Thursday, April 2, 2009

Ikutan Ngoceh Soal D' Massive : Band Plagiat??

Beberapa hari ini ribut2 soal D'Massive yang disebut2 sebagai band PLAGIAT. Gak itu di blog, di infotainment, berita tipi. Menceritakan soal karya2 D'Massive yang "katanya nyontek" karya musisi lain, termasuk band favoritku, Muse n Incubus. Aku sendiri kadang muter lagu2 mereka. Dari keterangan mereka yg aku liat pas di tipi, mereka hanya terpengaruh ma band2 tersebut.

Apakah D'Massive band Plagiat?? Buat aku pribadi susah untuk bisa menilai itu. Kenapa susah??

1. Ambil contoh aku sendiri (ireng_ajah). Sebelum kabar kabur soal D'Massive ini, aku gak tau n belum pernah dengerin lagu Awakening milik Switchfoot (salah 1 lagu yg "dijiplak" D'Massive)

SEUMPAMA aja aku punya Band (Just a Blog Band) n nyiptain sebuah lagu dengan judul katakanlah "ABCDEFG" dan itu orisinil hasil karya aku sendiri. Terus, lagu tersebut banyak diputer di radio2 n tipi. Nah..orang kan kemudian pada tau lagu ABCDEFG. Kemudian orang2 yg pernah dengerin lagunya Awakening milik Switchfoot bilang, "Wahhh..Just a Blog Band tu plagiat karena lagu ABCDEFG mirip banget dengan lagu Awakening milik Switchfoot dan bla..bla..bla.." Akhirnya muncul deh dan ke ekspos. Headline koran2 nasional,halah.. "JUST A BLOG BAND : BAND PLAGIAT !!" Blog n forum2 pada menghujat "JUST A BLOG BAND adalah Band Plagiat !!"
Tentunya aku sebagai pencipta lagu ABCDEFG yg sebelumnya gak tau lagu Awakening milik Switchfoot (bener2 orisinil karya aku sendiri) pengen tau n dengerin lagu Awakening milik Switchfoot terus bandingin dengan lagu ABCDEFG. Dan ternyata hasilnya emang mirip !! (katakanlah intronya saja) Padahal ketika lagu ABCDEFG diciptain, aku sama sekali gak tau lagu Awakening milik Switchfoot seperti apa. (Ohh..pusingnya diriku n Just a Blog Band, halah...)

Yang jadi pertanyaan : Lagu ABCDEFG adalah orisinil karya aku sendiri dan ketika nyiptain lagu itu, aku sama sekali belum pernah mendengarkan lagu Awakening milik Switchfoot. Apakah aku n Just a Blog band bisa di cap sebagai Plagiator???

Dari contoh diatas, bisa saja pas nyiptain sebuah lagu, D'Massive belum pernah sama sekali mendengarkan lagu2 dikait2kan mirip dengan lagu mereka.

2. Karena terinfluence
Hal ini juga bisa saja terjadi. Karena saking besarnya pengaruh band2 tersebut ke mereka, mereka wujudkan dalam bentuk sebuah lagu dimana "mereka berusaha untuk sebisa mungkin menjadi band yg meng-influence mereka". Gak jauh beda dengan para fans mereka yg meniru gaya dan penampilan mereka, entah itu mulai dari pakaian, gaya rambut, cara beraksi di panggung, dll

3. yang ke 3 apa ya??? males mikirnya,hehehehe..


Aku sendiri dengerin lagu2 mereka dan membandingkan dengan lagu2 yg katanya dijiplak oleh mereka. Pas aku dengerin, emang ada yang mirip tapi aku pribadi gak terlalu mikirin n terus ambil kesimpulan D' Massive adalah band plagiat.

Aku prihatin kalo melihat komen2 dari orang2, entah itu komen2 di youtube, blog2 yang menulis tentang mereka atau forum2. Hampir sebagian besar menghujat meraka. Bahkan orang yang dulunya ngefans ma D'Massive berbalik benci dan berubah status jadi mantan fans !! huhhh... Yaa..setiap orang punya penilaian sendiri2 tapi gak bijak rasanya kalo menilai sesuatu hanya dari 1 sisi saja.

Berikut ini daftar lagu2 D'Massive yang kata orang2 "hasil menyontek" karya orang lain. Sobat bisa cari2 untuk dengarin n nilai sendiri.

1. Intro lagu Diam Tanpa Kata vs Awakening - Switchfoot.
2. Dan Kamu vs Head Over Wheels - Switchfoot.
3. Luka Ku vs Drive - Incubus
4. Cinta Ini Membunuhku vs I Don’t Love You - My Chemical Romance
5. Sebelah Mata vs The Take Over, The Break’s Over - Fall Out Boy
6. Dilemma vs Soldier’s Poem - Muse
7. Tak Pernah Rela vs Is It Any Wonder - Keane
8. Cinta Sampai Disini vs Into The Sun - Lifehouse

Note :
- Ini hanya sebuah opini dari seorang ireng_ajah
- Dari kasus D'Massive ini aku jadi tau lagunya Awakening n Head Over Wheels dari Switchfoot, hehehee..
- Aturan 8 Bar, yakni komposisi musik dapat ditolerir kemiripannya sampai dengan 8 bar. Jah..buat aku mah itu "hanya" sebuah aturan,hehehehee..
-
Terlepas dari semua opini yg telah ada, teruslah berkarya buat D'Massive. Buat musik Indonesia lebih berwarna..

Thanks untuk D'Massive sebagai sumber utama postingan ini.

No comments:

Post a Comment