Thursday, September 10, 2009

Hafalan surat-surat pendek Al Qur'an

Lama nian aku gak update Just a Blog ini. Lama nian juga ak gak berkunjung ke blog2 sobat. Males, hehehhehe...

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


Bulan Ramadhan (puasa) sudah lebih dari setengah jalan kita jalani. Seperti yang kita tau, bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah dan barokah. Biasanya untuk para siswa SD dan SMP, untuk mengisi kegiatan selama bulan puasa, diberi tugas melalui buku Kegiatan Ramadhan.

Dalam buku tersebut, biasanya ada beberapa kegiatan, misalnya, tabel Puasa, tabel Taraweh, tabel Ringkasan Ceramah dan tabel hafalan surat-surat pendek. Jumlah masing2 tabel ada 30. Dulu, ketika aku masih SD dan SMP, buku kegitan Ramadhan adalah "wajib" apabila bulan Ramadhan datang. Pas masuk sekolah, nanti akan dikumpulkan dan dinilai.

Bicara tentang hafalan surat-surat pendek Al Qur'an, mungkin jika pas aku SD dan SMP (terutama SD) tidak ada buku kegiatan Ramadhan, mungkin saat ini tidak banyak surat-surat pendek Al Qur'an yang aku hafal. Bisa aku katakan, buku kegiatan Ramadhan merupakan "pemaksaan" terhadapku untuk menghafal surat-surat pendek Al Qur'an.

Dulu pas SD (lupa kelas berapa) buku kegiatan Ramadhan yang "wajib" diisi terdapat hafalan surat-surat pendek Al Qur'an. Tiap hari, 1 surat pendek aku hafalin kemudian dites didepan ustad setelah solat tarawih. Jika lancar dan bener lafadznya, buku kegiatanku dapat tandatangan dari ustadz. Hal tersebut terus berlanjut sampai hari ke 30. Mulai dari surat An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlash.. dst.

Alhamdulillah, apa yang aku lakukan dulu lewat buku kegiatan Ramadhan bermanfaat sampai sekarang karena bisa aku selang-seling setiap kali aku solat. Masa tiap kali solat cuma surat Al-Ikhlash dan Al-Kautsar saja?? hehehehe...

No comments:

Post a Comment